Data Center BPN RI

Friday, February 14th 2014. | Berita

PetugasUkur.COM-  KEPALA Badan Pertanahan Nasional (BPN) RI, Hendarman Supandji meresmikan penggunaan data center BPN RI dan penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) pengoperasian short message service (SMS) informasi layanan pertanahan dengan kode akses 2409

“Peresmian data center dan pengoperasian SMS 2409 merupakan modernisasi sistem pelayanan pertanahan di Indonesia dan data center bpn risekaligus menjadi perubahan kerangka berpikir (mind set) menuju organisasi yang modern, profesional, akuntabel dan transparan. Ini merupakan upaya nyata yang dilakukan BPN RI untuk melaksanakan semboyan pelayanan pertanahan yang cepat, murah, sederhana, pasti dan anti KKN,” kata Hendarman dalam sambutannya saat Penandatanganan Perjanjian Kerjasama pengoperasian short message service (SMS) 2409 dengan sejumlah provider di Kantor BPN Pusat, Jakarta, Kamis (13/2/2014).

Hendarman menjelaskan, kapasitas terpasang data center BPN saat ini hanya mampu menampung dua hingga tiga ke depan data pertanahan dari seluruh Indonesia. “Ke depan kita akan membangun data center berkapasitas lebih besar dan dirancang lebih baik lagi di Cikeas, Bogor,” ujar Hendarman.

Mantan Jaksa Agung RI ini menekankan dari segi keamanan, beroperasinya data center tersebut akan menjamin kemanan data pertanahan BPN RI yang selama ini tersimpan di beberapa tempat dengan kondisi yang kurang memadai. “Ketersediaan energinya terukur dan berlapis. Sambungan komunikasinya tersedia cukup dan berlapis. Kondisi lingkungan tempat penyimpanan data secara terus menerus terukur dan terjaga. Pengelolaan dan penjagaannya diselenggarakan dengan prosedur operasional standar yang ketat dan baku,” jelasnya.

Hendarman menegaskan kedepan kepastian dan ketersediaan data pertanahan secara online (terus menerus) dan real-time (seketika) bagi berbagai bentuk keperluan (multipurpose) akan semakin terjamin. “Ini berarti layanan informasi pertanahan untuk berbagai keperluan dan kalangan akan dapat secara cepat, murah, sederhana dan pasti disajikan dalam kondisi benar, lengkap, up-to-date, dan dapat dipertanggungjawabkan,” tuturnya.

Sementara itu, SMS 2409 akan menyajikan informasi layanan Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia yang telah menjalankan Komputerisasi Kantor Pertanahan (KKP). “Inovasi ini akan memudahkan masyarakat yang sedang berurusan dengan Kantor Pertanahan untuk mengetahui perkembangan urusannya tanpa harus datang ke Kantor Pertanahan,” ujarnya.

Layanan SMS 2409 bisa diakses selama 24 jam dengan biaya Rp350 per SMS yang dibebankan ke pulsa pengirim SMS dan berlaku sama untuk semua jenis penyedia layanan.

Dia menambahkan angka 2409 pada SMS itu merepresentasikan tanggal dan bulan lahirnya Undang-undang Pokok Agraria (UUPA) yakni 24 September 1960.

Pada bagian akhir sambutannya, Hendarman mengingatkan kepada segenap jajaran BPN RI untuk secepatnya menyesuaikan diri dengan kemajuan IT lembaga tersebut. “Tidak boleh ada aparatur BPN RI yang masih mencoba-coba untuk bekerja tidak mengikuti SOP dan peraturan perundang-undangan. Karena dengan kemajuan teknologi yang telah kita miliki ini, semuanya akan menjadi transparan, terukur dan cepat terlacak,” jelasnya. Sumber klik disini

Via Email:
tags: , , ,

Leave a Reply

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.